SELAMAT DATANG - Percayakan anak, adik dan saudara anda pada kami !

Kebiasaan Doa Pagi dan Siang Hari di Sekolah Sudah Menjadi Tradisi dan Kewajiban

Sekolah Menengah Atas Katolik (SMAK) St. Thomas Aquinas Ruteng, yang terletak di tengah Kota Ruteng, Nusa Tenggara Timur, adalah salah satu lembaga pendidikan yang memiliki tradisi khusus dalam mengembangkan nilai-nilai agama dan spiritualitas dalam kehidupan sehari-hari siswa-siswinya. Salah satu aspek penting dari pendekatan ini adalah kebiasaan doa pagi dan siang hari yang telah menjadi tradisi dan kewajiban bagi seluruh warga sekolah.

Doa Pagi dan Siang Hari di Sekolah

Doa Pagi: Memulai Hari dengan Rasa Syukur

Setiap hari di SMAK St. Thomas Aquinas Ruteng dimulai dengan doa pagi yang diadakan di halaman sekolah. Kegiatan ini dimulai sebelum pelajaran dimulai dan dihadiri oleh semua siswa dan guru. Doa pagi ini bukan hanya rutinitas harian, tetapi juga sebuah momen yang penting untuk mengumpulkan seluruh komunitas sekolah dalam kesatuan spiritual.
 
Doa pagi biasanya dimulai dengan membaca Firman Tuhan dari Alkitab, diikuti oleh doa bersama. Siswa-siswa diajak untuk merenungkan makna Firman Tuhan dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari mereka. Selain itu, doa pagi juga merupakan waktu untuk bersyukur atas berbagai berkat dan kesempatan yang diberikan kepada mereka.

Doa Siang Hari: Merefleksikan Kegiatan Sehari

Setelah sejumlah pelajaran, SMAK St. Thomas Aquinas Ruteng memiliki kebiasaan doa siang hari. Doa siang hari ini adalah waktu untuk merefleksikan apa yang telah dipelajari dan dialami selama setengah hari pertama. Siswa-siswa diajak untuk berpikir tentang cara mereka dapat menerapkan nilai-nilai agama dalam tindakan mereka sehari-hari.
 
Doa siang hari juga mencakup permohonan dan doa bagi yang membutuhkan bantuan atau dukungan, termasuk sesama siswa atau orang-orang di luar sekolah. Ini adalah cara untuk membentuk rasa empati dan kepedulian di antara siswa, serta mengajarkan mereka bahwa doa adalah cara untuk memberikan dukungan kepada mereka yang membutuhkan.

Pentingnya Kebiasaan Doa dalam Pembentukan Karakter 

Kebiasaan doa pagi dan siang hari di SMAK St. Thomas Aquinas Ruteng bukan hanya tentang memenuhi tuntutan agama. Mereka merupakan bagian integral dari pendidikan karakter yang diterapkan di sekolah ini. Kebiasaan berdoa membantu siswa untuk mengembangkan nilai-nilai seperti rasa syukur, kerendahan hati, empati, dan kepedulian terhadap sesama.
Selain itu, doa juga menjadi alat untuk memperkuat ikatan komunitas di sekolah. Melalui doa bersama, siswa dan guru merasa lebih terhubung satu sama lain, dan ini menciptakan lingkungan yang mendukung pertumbuhan spiritual dan moral mereka.

Kebiasaan doa pagi dan siang hari di SMAK St. Thomas Aquinas Ruteng bukan hanya tradisi, tetapi juga kewajiban yang dipegang teguh oleh seluruh komunitas sekolah. Mereka membantu siswa dalam pengembangan nilai-nilai agama, moral, dan sosial yang kuat. Di sini, doa bukan hanya kata-kata, tetapi juga cara hidup yang tercermin dalam tindakan sehari-hari. Dengan demikian, SMAK St. Thomas Aquinas Ruteng terus melahirkan lulusan yang tidak hanya cerdas secara akademik, tetapi juga memiliki karakter yang kuat dan penuh kasih.

Oleh :
Guru Mata Pelajaran Kimia


0 Komentar

Kirim Pesan