SELAMAT DATANG - Percayakan anak, adik dan saudara anda pada kami !

Cara Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat sesuai Minat dan Bakat

Sebentar lagi, siswa kelas XII akan menghadapi seleksi masuk kuliah, baik SNMPTN, SBMPTN, dll. Untuk itu, mempersiapkan jurusan pilihan merupakan hal yang penting.
Agar tidak salah pilih ada 9 cara memilih jurusan kuliah yang tepat. Melansir laman Ruangguru, berikut caranya.

Cara Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat


1. Ikut Tes Minat Bakat

Tes minat bakat merupakan cara termudah mengetahui jurusan yang tepat untuk kamu. Tes ini biasanya terbagi menjadi tiga bagian pertanyaan, yaitu aktivitas kesukaan, aktivitas dengan kemampuan, dan profesi yang kamu sukai.
Hasil tesnya akan memperlihatkan ketertarikan kamu pada kegiatan-kegiatan yang sesuai dengan minat kamu. Kemudian, tes bakat akan terdiri dari lima bagian pertanyaan, yaitu penalaran deduktif, induktif, aritmatika, spasial, dan reasoning. Semua pertanyaan akan memperlihatkan 10 rekomendasi jurusan kuliah yang tepat untuk kamu.


2. Perdalam Hobi

Hobi merupakan salah satu titik terang dari minat dan bakat yang terpendam dalam diri. Untuk itu, jangan sepelekan hobi yang kamu jalani. Jika kamu suka menulis atau menggambar, maka cari jurusan yang sesuai dengan hobi tersebut. Jika didalami kamu akan lebih melihat minat dan bakat dalam diri.

3. Cari Tahu Apa yang Paling Disukai

Cobalah untuk menyaring beberapa hal yang kamu sukai. Jika itu sulit, kamu bisa menentukan beberapa hal yang sangat disukai dan ingin melakukannya setiap saat.

4. Tulis Hal yang Kamu Sukai

Setelah menyaring hal yang paling kamu sukai, coba untuk tulis tangan hal tersebut. Dengan menulis, kamu akan lebih mengenali dan berpikir mengenai minat tersebut apakah sesuai dengan diri sendiri atau tidak.


5. Cari Tahu Hal yang Ingin Dilakukan Tapi Belum Terlaksana

Selain hobi, kamu bisa mengetahui minat dan bakat dari hal yang yang ingin sekali kamu lakukan tapi belum terlaksana. Bisa jadi, minat dan bakat kamu tak terlihat krena kurangnya motivasi.

6. Amati Cara Menyelesaikan Aktivitas Sehari-hari

Cara memilih jurusan yang tepat selanjutnya adalah mengamati cara menyelesaikan aktivitas sehari-hari dirimu. Sebab, ada aktivitas yang kamu andalankan untuk menjalani hari. Misalnya, kamu menjadi orang yang selalu diandalkan di rumah untuk membetulkan sesuatu atau paling hebat dalam menemukan resep-resep masakan baru. Bisa jadi itu adalah arahan atas bakat yang ada di dalam dirimu.

7. Gali Passion dari Rasa Iri

Rasa iri tak selalu hal yang negatif. Seorang Certified Career and Life Coach, Allison Tash mengaku dirinya kadang mengidentifikasi rasa cemburu kliennya pada seseorang untuk menemukan passion atau apa yang mereka inginkan. Selain itu, ia juga mengusulkan kita menemukan setidaknya tiga hingga lima orang yang membuat kita merasa iri. Kemudian, gali lebih dalam untuk menemukan aspek apa dalam hidup mereka yang membuat kita juga ingin meraihnya.


8. Lihat Role Model

Lihat lah setidaknya tiga orang role model atau panutan dalam hidupmu. Kemudian, pikirkan secara spesifik hal dari mereka apa yang membuat dirimu terinspirasi. Hal yang menginspirasi tersebut bisa menjadi kunci dari minat dan bakat terpendam dirimu. Misalnya, kamu terinspirasi karena sosok tersebut mampu bekerja sama dalam tim dan panutan yang hebat.

9. Tanyakan pada Orang Terdekat

Cara memilih jurusan yang tepat terakhir adalah memilih pada orang terdekat. Sebab, terkadang orang terdekat lah yang lebih memerhatikan diri dan minat kita, baik keluarga atau sahabat. Setelah itu, evaluasi apakah kelebihan kamu tersebut memang sudah ada sejak dulu atau masih terus berkembang. Cocokkan dengan jawaban pada poin sebelumnya untuk mengetahui secara pasti apa minat dan bakatmu.



0 Komentar

Kirim Pesan