SELAMAT DATANG - Percayakan anak, adik dan saudara anda pada kami !

Perjuangan Orang Tua Menyekolahkan Anaknya

Di sebuah desa kecil yang terletak jauh dari pusat perkotaan, hiduplah seorang ibu tunggal bernama Maya. Maya adalah seorang janda yang gigih dan penuh tekad untuk menyekolahkan anak laki-lakinya, Riko, meskipun menghadapi berbagai kesulitan dalam hidup mereka.

Maya bekerja sebagai buruh tani di sawah desa tersebut. Setiap pagi, ia bangun sebelum matahari terbit, berangkat ke sawah, dan bekerja keras hingga matahari tenggelam. Uang yang Maya hasilkan dari pekerjaannya itu tidaklah banyak, namun dia selalu menyisihkan sebagian untuk biaya sekolah Riko.


Riko adalah seorang anak yang cerdas dan bersemangat untuk belajar. Dia selalu termotivasi oleh ibunya yang bekerja keras demi pendidikannya. Meskipun Maya sering mengalami kelelahan setelah seharian bekerja di sawah, dia selalu menyempatkan waktu untuk membantu Riko belajar di malam hari. Mereka duduk di meja kayu sederhana dengan obor sebagai sumber cahaya, mempelajari pelajaran yang diajarkan di sekolah.

Namun, kesulitan mulai datang ketika biaya sekolah Riko semakin meningkat. Buku-buku, seragam, dan perlengkapan sekolah lainnya semakin mahal. Maya merasa tertekan karena dia tidak ingin impian Riko untuk mendapatkan pendidikan yang lebih baik hancur karena keterbatasan finansial mereka.

Maya mulai memikirkan cara untuk mengatasi masalah ini. Dia memutuskan untuk mencari pekerjaan tambahan di waktu luangnya, meskipun itu berarti dia harus mengorbankan istirahat yang sedikit. Dia mulai membersihkan rumah tetangga dan menjahit pakaian untuk orang lain di desa. Kehadirannya di sawah dan rumah tangga membuatnya sering merasa lelah, namun Maya tetap tegar.


Tidak hanya itu, Maya juga mendekati tetangga dan teman-teman di desa untuk meminta bantuan. Dia menjelaskan situasinya dan dengan rendah hati meminta bantuan finansial atau bantuan dalam bentuk lain untuk menyekolahkan Riko. Respons dari masyarakat desa sangat positif. Banyak orang yang tergerak oleh tekad dan usaha Maya, sehingga mereka memberikan bantuan dengan sukarela.

Dengan perjuangan Maya dan dukungan dari masyarakat desa, Riko akhirnya berhasil menyelesaikan pendidikannya hingga tingkat SMA. Maya merasa bangga dan bahagia melihat anaknya tumbuh menjadi pemuda yang cerdas dan berwawasan luas. Meskipun perjalanan itu penuh dengan kesulitan, Maya menyadari bahwa kecintaan dan pengorbanannya untuk anaknya adalah hal yang tak ternilai.

Cerita ini mengingatkan kita tentang betapa sulitnya bagi beberapa orang tua untuk menyekolahkan anak-anak mereka, terutama ketika mereka menghadapi keterbatasan finansial. Namun, ketekunan, tekad, dan dukungan dari masyarakat dapat membantu mengatasi rintangan-rintangan tersebut.

Oleh :
Ernista Lumbung
Siswa Kelas XI Bahasa TP 2023/2024


0 Komentar

Kirim Pesan